Thursday, November 8, 2012

Pendidikan Kemuhammadiyahan

Pendidikan Kemuhammadiyahan

Pengertian
Pendidikan Kemuhammadiyahan adalah,Sebuah sistem sebagai salah satu upaya untuk memberikan pengertian dan pemahaman tentang persyarikatan Muhammadiyah, tujuan dan cita2nya, kepada kader, anggota dan simpatisan Muhammadiyah.

Pendidikan Kemuhammadiyahan merupakan mata pelajaran wajib di Perguruan Muhammadiyah.

Maksud dan Tujuan
Maksud nya adalah memberikan pengetahuan kepada siswa sekolah tentang organisasi Muhammadiyah dan gerakan Amar Ma'ruf Nahi Munkar (AMNM) sesuai Al Qur'an dan Sunnah.
Tujuannya adalah membentuk manusia muslim berakhlaq mulia, cakap, percaya diri, berguna bagi masyarakat dan bangsa. Juga untuk menumbuhkan semangat menjadi kader dan berjuang di Muhammadiyah.

Ruang Lingkup
1. Sejarah, Kepribadian, Keyakinan dan Cita-cita hidup
   Agar siswa mengetahui latar belakang berdirinya, sejarah perkembangannya dan perjalanan dari masa ke masa Muhammadiyah.
2. Organisasi
   Agar siswa mengetahui bahwa Muhammadiyah adalah organisasi Islam dengan gerakan da'wah amar ma'ruf nahi munkar berdasarkan Al Qur'an dan As Sunah. sehingga gerakan, amal dan usahanya berjalan secara terprogam dan terencana serta terorganisir.
3. Amal Usaha
   Agar siswa mengetahui bahwa Muhammadiyah mendirikan Amal Usaha di berbagai bidang adalah sebagai upaya untuk mencapai tujuannya.
4. Peranan
   Perananyang dilakukan setiap anggota Muhamamdiyah harus berdasar kesadaran akan kewajiban beribadah kepada Allah SWT. yaitu berbuat ihsan dan islah di masyarakat secara ikhlas.
5. Praktek Berorganisasi
   Memberikan lahan latihan berorganisasi bagi siswa melalui IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) sebagai satu-satunya organisasi intra sekolah.
Fungsi Lembaga Pendidikan Muhammadiyah
  1. Media Da'wah
  2. Tempat Perkaderan
  3. Wadah Pengabdian danAmal Shaleh
  4. Wujud Syukur Bermasyarakat dan BErnegara
  5. Sumbangsih dan Darma Bhakti kepada Negara





lebih lengkap klik sini

No comments:

Post a Comment