Wednesday, September 4, 2013

Materi Kultum : Kiat Mendidik Pribadi Sukses


Setiap orang menginginkan kesuksesan di dalam hidupnya. Orang tua menginginkan kesuksesan anak-anaknya. Dan untuk meraihnya kita semestinya memulai dari kecil. Kita harus mendidik anak sejak anak masih belia.
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan dalam mendidik :

  • Teladan (Al-Qudwah)
Memberikan teladan seringkali merupakan cara paling ampuh untuk mendidik seseorang menjadi seperti yang kita contohkan. Daripada dengan cara paksaan, maka pemberian contoh teladan jauh lebih mengena di dalam hati orang tersebut.
  • Pembiasaan (Al 'Adah)
Educating tips Personal Success
Habituation is the next step for someone to become accustomed. There is an element of coercion here. But in a gentle way, smooth and slowly, then it will be a fun habituation and InshaAllah give maximum results.

Pembiasaan merupakan langkah berikutnya agar seseorang menjadi terbiasa. Ada unsur pemaksaan di sini. Tetapi dengan cara yang lembut, halus dan pelan-pelan, maka pembiasaan tersebut akan menjadi menyenangkan dan InsyaAllah memberikan hasil maksimal.
  • Nasihat/Wasiat (Al Mau'idhoh)
Nasihat berarti ketulusan. Saling memberi nasihat, wasiat, wejangan dengan sepenuh ketulusan akan menghasilkan hasil yang luar biasa. Meminimalisir kesalahpahaman. Seorang anak akan merasakan ketulusan dari orang tua yang memberi wasiat, nasihat kepadanya. Dan hal itu sangat bermakna bagi seorang anak.
  • Perhatian
Memberikan perhatian sepenuhnya kepada orang, sangatlah dianjurkan dalam agama. Berikanlah perhatian kepada orang tersebut terhadap potensi, bakat dan minat nya. Sehingga pendekatan yang sesuai, akan mengembang-pesatkan potensi orang tersebut.
  • Hukuman
Hadiah dan Hukuman. Pahala dan Siksa. Merupakan dua hal yang sangat penting dalam proses pendidikan. Kita berlaku adil, obyektif, proporsional terhadap segala sesuatu yang terjadi, akan semakin melesatkan potensi seseorang. Ketika ia melakukan sebuah keberhasilan, maka kita beri hadiah. Dan jika melakukan kesalahan, kita hukum dia. Semua dengan keadilan.

Demikian tadi beberapa Kiat yang bisa kita lakukan untuk mendidik pribadi menjadi sukses. Semoga bermanfaat.

(Ceramah Drs. H. Waharjani, M.Ag - Maj. Tabligh PP.M)

No comments:

Post a Comment